Monday 29 February 2016

Prambanan kemegahanmu memberiku ilmu



Daerah Istimewa Yogyakarta mungkin jika mendengar nama itu mungkin yang ada dibenak setiap orang mengenai kota pendidikan ini adalah memikirkan Kawasan Jalan Malioboro, Alun-Alun, Candi Brorobudur, Monument Jogja Kembali bahkan tak lupa makanan khas Yogya Yaitu Bakpia. Namun ada salah satu tempat wisata yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara tak heran jika banyak sekali berdatangan para pelancong baik dari dalam negeri maupun luar negeri tempat itu adalah Candi Prambanan. Tak heran juga kalo banyak sekali kegiatan-kegiatan nasional maupun multinasional yang diselenggarakan di  candi yang konon memiliki cerita romantisme ini. Awalnya saya ingin mengunjungi candi ini tak lain karena rasa penasaran saya akan kemegahan candi ini. Walaupun saya sering keluar masuk Kota Yogya namun sekalipun saya belum pernah mengunjungi candi yang konon sering dipake latar belakang kegiatan pentas seni budaya ini. Hingga suatu ketika saya pun berkesempatan untuk mengunjungi kompleks Candi Prambanan ini.
 
Perjalanan dari tempat kost saya yang terletak di Kawasan Pusat Gudeg Yogyakarta menuju ke Candi Prambanan tak lebih dari 30 menit jika ditempuh menggunakan mobil pribadi karena suasana jalan yang lancar. Sampailah saya didepan pintu masuk kawasan candi prambanan, namun kemegahan candi ini sudah dapat kita lihat dari pinggir jalan. Setelah semua masalah administrasi baik tiket masuk dan ongkos parkir telah saya selesaikan akhirnya sayapun dapat juga masuk ke kompleks candi prambanan. Seperti halnya candi Borobudur jalan menuju ke candi pun dibuat berkelak-kelok namun rindang sehingga tak membuat pengunjung kepanasan. Setelah lelah berjalan dari depan sampailah saya di depan candi prambanan seperti biasalah narsis pun tak dapat dihindari, cekrak cekrik sana sini dengan background candi pun  tak dapat dilewatkan. Subhanallah betapa indahnya mahakarya nusantara ini saya sangat kagum dengan keindahan candi ini. Teriknya matahari kala itu tak membuat saya untuk berhenti mengabadikan moment bersejarah ini.
Setelah puas berfoto dengan candi saya pun menuju ke sebuah candi besar dimana dalam candi tersebut terdapat sebuah patung besar yang konon merupakan dewa terbesar dalam kepercayaan umat hindu-budha yaitu dewa siwa. Kebetulan saat saya berada di dalam candi tersebut saya bertemu dengan seorang turis berasal dari belanda beserta seorang pemandu wisata. Sang pemandupun bercerita panjang lebar mengenai asal mula candi ini hingga sayapun mengerti sejarah awal candi ini berdiri, wah pengalaman baru nihh… luamayan lah untuk bekal ilmu tambahan disekolah nanti hehehehe.. setelah selesai mendengarkan cerita mengenai legenda candi ini saya pun mengajak turis tersebut untuk berpose bareng, hehehehehe wajarlah anak desa kapan lagi foto sama turis. Setelah itu sang turis pun pergi dan saya pun melanjutkan penjelajahan berkeliling kompleks candi sambil  membaca-baca tentang sejarah berdirinya candi ini dari sebuah papan informasi yang bertebaran disetiap depan candi.
Setelah puas menikmati kemegahan candi prambanan saya pun bergegas untuk kembali ke kost untuk berisitirhat, saya sangat bersyukur dapat berkunjung ke candi prambanan karena banyak sekali yang saya dapat pada hari itu dari candi prambanan. Nilai sejarah dan budayanya yang kental yang menjadi nilai tersendiri bagi candi nan megah ini. Semoga suatu hari nanti keberadaan candi ini bisa dijadikan destinasi andalan Indonesia dikanca dunia.







0 komentar:

Post a Comment

Selamat Datang Di Website Kami Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Website Kami.
Di Mohon Untuk Tidak Berbicara Kasar Saat Mengomentari Postingan Kami