Tuesday 15 March 2016

Monkasel bukti kegagahan nusantara





Jika di tanya obyek wisata sejarah di kota pahlawan kita pasti akan menjawab tugu pahlawan, jembatan merah, namun terdapat satu tempat paling bersejarah yang belum sebegitu eksis di banding tugu pahlawan tempat itu bernama museum kapal selam? Loh kok kapal selam?. Mendengar tentang kapal selam, tentu benak kita terbayang pada kapal selam yang ada di kedalaman laut dan berada di tengah laut ya pokoknya di laut lah hehehe. Namun untuk kapal selam yang satu ini cukup menarik dan berbeda karena berada di daratan. Ya, di kawasan di pinggiran Kalimas – Surabaya, terdapat sebuah kapal selam yang menarik perhatian. Memandang dari kejauhan,  kapal selam itu bagaikan terdampar di daratan Surabaya.
Lah kok bisa terdampar ya? Ya mana tau saya hehehe..
Awal cerita saya berkunjung ke museum ini adalah karena rasa penasaran saya akan tempat ini maka saya pun memutuskan untuk mengunjungi museum ini dengan seorang teman saya. Dengan bermodal GPS dari smartphone saya, kami berdua pun berangkat menuju ke monkasel lama perjalanan dari rumah menuju Surabaya memakan waktu selama dua jam karena waktu itu kondisi jalanan sangat macet.
Dua jam kemudian kami pun sampai di terminal bungurasih, sesampai di terminal bungurasih kami pun mampir sebentar di sebuah warung di samping tugu pahlawan untuk sekedar makan dan sambil sholat dzuhur.
Setelah perut terisi kenyang kami pun melanjutkan perjalanan menuju ke kawasan monument kapal selam dengan menggunakan becak, heheheh sengajalah naik becak sambil menikmati suasana kota tua Surabaya yang saya lewati waktu itu…
Perjalanan dari tugu pahlawan menuju ke lokasi tujuan cukup jauh tapi gag masalah nikamti aja perjalanannya, terpampang jelas kanan kiri jalan berdiri bangunan-bangunan tua peninggalan era kemerdekaan dulu.
Setengah jam kemudian kami pun sampai di lokasi. Terpampang jelas di seberang jalan berdiri sebuah kapal selam raksasa berwarna hijau yang gagah, tanpa piker panjang kami berdua pun langsung lari menuju ke loket untuk membeli karcis yang berharga 5000 ini.
Setelah tiket di tanggan kami pun menuju ke dalam kapal tapi sebelumnya ya harus selfie dulu. Hehehehe… mulai lah rasa alay anak muda ini,setelah puas berselfie ria kami pun langsung menuju ke atas kapal selam dan lagi-lagi berselfie ria, yaelahh lebay amat sih nih orang eheheh

Selangkah demi selangkah kami menyusuri dalaman kapal selam, wow sungguh menajubkan kanan kiri terpampang sebuah pipa-pipa baja yang sangat besar dan tak jarang juga kami harus merunduk untuk bisa berjalan, suasana history penuh dengan perjuangan masih terasa saat itu.
Dari sini saya dapat melihat secara jelas bagaimana sih suasana dan keadaan kapal selam itu.
Sungguh beruntung banget ya saya bisa masuk kesebuah kapal selam kebanggaan Indonesia tanpa harus di tengah laut. Setelah puas menikmati kapal selam dari dalam kami pun sempatkan untuk bercengkrama dengan pengunjung yang lain. Hingga akhirnya dapat deh foto bareng hehehe ga apa lah buat kenangan.
Namun waktu telah menunjukan pukul 15.00 wib maka saya harus segera kembali sebelum hari kian sore.
Sungguh sangat puas banget saya bisa melihat secara dekat salah satu armada kebanggan Indonesia, semoga dengan adanya monument ini bisa memberi pelajaran bagi para pelajar tentang militer Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Selamat Datang Di Website Kami Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Website Kami.
Di Mohon Untuk Tidak Berbicara Kasar Saat Mengomentari Postingan Kami